GuidePedia

0




Mengajar tidak selalu pada batasan waktu tertentu yang menurut kita baik, padahal hal tersebut sudah dicontohkan oleh Nabi kita Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam. Dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk beliau sebab beliau adalah seorang guru sejati yang telah terbukti melahirkan murid-murid yang handal Radhiyallahu ajma'in.


Diantara contoh waktu yang baik dan diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam adalah mengajar di waktu setelah shalat Isya. Hal ini dijelaskan oleh Dr Fadhl Ilahi dalam kitab beliau An Nabiyyu Shalallahu 'alaihi wasallam mu'alliman dengan edisi terjemah Bersama Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam mendidik generasi idaman yang diterjemahkan oleh Ahmad Yunus, M.Si diterbitkan oleh Pustaka Imam Asy Syafi'i sebagai berikut.

Al Bukhari meriwayatkan dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhuma, dia berkata :

"Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam mengerjakan shalat isya bersama kami di akhir-akhir hayat beliau. Setelah salam, beliau bersabda :'Tahukah kalian tentang malam kalian ini? Sesungguhnya pada penghujung seratus tahun yang akan datang, tidak ada seorangpun di muka bumi ini (pada malam ini) yang masih hidup'". (Shahihul Bukhari, Kitab al-Ilm no. 116,  I/211)

Dalam hadits ini kita mendapati bahwa Nabi Shalallahu 'alaihi wasallam memberikan pengajaran dan pengarahan setelah menunaikan shalat isya. Karenanya, Imam al-Bukhari memasukkan hadits ini di dalam bab : "as-Samar (obrolan malam) seputar ilmu"

Tentang kata as-Samar di atas, al-Hafidz Ibnu Hajar berkata : "as-Samar, demikian kata itu dilafalkan. Ada juga yang berpendapat bahwa pelafalan yang benar adalah as-Samr, dengan asumsi kata ini adalah Isim Fi'il (kata benda yang menunjukkan arti kata kerja), yang artinya obrolan pada malam hari sebelum tidur"

al-'Allamah al-Aini berkata : "al-Bukhari meriwayatkan bahwa Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam tidak menyukai tidur sebelum shalat isya dan obrolan setelahnya. Hal ini menunjukkan adanya larangan secara mutlak. Tetapi, hadits di atas menunjukkan diperbolehkannya obrolan malam untuk membahas seputar ilmu dan kebaikan. Artinya, larangan tersebut tidak berlaku lagi secara mutlak.

Demikian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

 
Top