GuidePedia

0
A To Z Sambut Qurban Peduli Negeri

Tiga keunggulan Program Qurban Peduli Negeri (QPN) DPU DT diantaranya:  Sesuai syariah, memberdayakan peternak kecil dan distribusinya merata hingga pelosok desa. Seiring waktu, tak melulu di negeri Indonesia namun point plus dari Program QPN DPU DT juga  menjangkau lintas Negara Palestina, Suriah, Rohingya dan Somalia.

Bukan semata konsep, ada tanggungjawab yang lebih besar, yaitu amanah. Amanah dari para muqarrib.  Untuk itulah, demi menyambut harapan para muqarrib, persiapan dan perencanaan matang pun jadi keniscayaan.

Agar mendapatkan hewan yang memenuhi syar’i dan berkualitas untuk distribusi dalam negeri, jauh-jauh hari tim DPU DT telah memulai proses pengadaan hewan kurban, melalui  program Desa Ternak Mandiri  (DTM). Program ini bertujuan membantu warga yang kurang mampu dari sisi ekonomi (mustahik) untuk mandiri dan sejahtera. Mereka diberi modal hewan ternak berupa domba. Tidak hanya itu, mereka pun diberikan pembinaan dan dibantu pula pemasarannya.

Mitra Program DTM sebagai penyedia hewan kurban tentunya melalui proses quality control bagi hewan ternak. Langkah ini dilakukan untuk mengawasi perkembangan hewan dan pemeliharaannya. Melalui tahap quality control diharapkan akan diperoleh hewan kurban yang memenuhi  syar’i dan berkualitas baik.

Selanjutnya, dalam persiapan QPN adalah penentuan titik sebaran atau titik distribusi hewan kurban. Tujuannya, qurban dapat tersebar di berbagai pelosok negeri dan luar negeri (overseas), maka daging kurban dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita yang jarang merasakan kurban di lingkungannya.

Prioritas utama dalam menentukan titik sebaran yaitu terpencil, miskin, rawan pangan, rawan akidah, serta daerah bencana. Cara mengetahui bahwa daerah yang dimaksud memenuhi kriteria adalah dengan melakukan survei lokasi.

Bila survey telah dilakukan, maka langkah berikutnya adalah melakukan plotting, yaitu menetapkan daerah yang akan menjadi titik distribusi, jenis hewan kurban, dan banyaknya hewan kurban yang dibagikan. Bila hasil telah didapat, maka diadakanlah pelatihan bagi calon mitra daerah distribusi. Tujuannya, agar pelaksanaan kurban sesuai dengan syariat dan standar yang ditetapkan. Sebab ditemukan calon mitra yang daerahnya jarang atau tidak pernah mengadakan kurban, sehingga dikhawatirkan syariat penyembelihan kurang dipahami. Untuk itu, pelaksanaan kurban juga akan didampingi oleh tim QPN.

Inilah langkah-langkah tim QPN dalam menunaikan amanah para muqarrib yang menitipkan kurbannya dalam Program QPN. Secuil upaya menghadirkan pengelolaan Qurban yang lebih baik. #QurbanIsVeryGood. (Tauhid)                     




Posting Komentar

 
Top